Tips recording lagu ala Sikret

Persiapan recording apa aja sich ?
Nah...Pertanyaan diatas sering banget di tanyain sama anak band baik yang masih baru terjun kedunia musik bahkan ada juga yang pemain lama.

Bukan bermaksud menggurui tapi hanya share pengalaman saja dari cerita beberapa teman yang anak band. Cekidot...


PERSIAPAN

1.Metronome
Biasakanlah diri kita untuk selalu berlatih menggunakan metronome. Apapun bagian anda dalam sebuah band semua nya membutuhkan metronome. Baik itu vokalis,drumer,gitaris,bassit,bassist maupun keyboardist. Karena disini letak kesulitan nya dalam proses rekaman yaitu biasanya player belum menguasai tempo dari lagu nya. Kadang terlalu cepat kadang terlalu lambat dalam mencapai note yang di inginkan.


2.Siapkan Materi Lagunya
Yah namanya juga mau rekaman ya disiapin lah materinya mulai dari lyric lagu nya, chord, alat-alat musik nya di check, tentukan part-part mana yang akan di isi oleh masing-masing personil. Dan yang terpenting ialah konsep lagu sudah matang ketika kita melakukan proses rekaman.
Jangan sampai ketika sudah dalam proses rekaman masih bimbang sehingga dapat menghambat prosesnya.

3.Urutan take
Baiknya dalam proses rekaman di buat guide/bantuan terlebih dahulu. Bahasa sederhananya kita rekam dulu lagu tersebut dengan gitar di strumming/genjreng + vokal lagu, sewajarnya dari awal lagu hingga akhir lagu dan menggunakan tempo dari metronome(harus) sesuai keinginan. Pakai chord dasar dan tanpa polesan supaya suara nya jelas clear. Toh hanya sebagai bantuan untuk take selanjutnya. Untuk Vokal boleh dengan nada nadanya saja untuk menghemat suara juga.

Ketika guide lagu sudah jadi barulah take di mulai satu persatu secara bergantian dengan urutan sbb:
-Drum
-Bass
-Guitar 2(rythem)
-Guitar 1(lead)
-Keyboard/biola dll
-Terakhir barulah Vokalis

rekaman


Menurut saya tips di atas sudah cukup menggambarkan proses recording dan juga cukup membuat proses recording aman. Tapi ane tambahin tips sedikit lagi sebagai pelengkap nya biar joss.

1.Jaga kondisi badan
Bila sedang sakit sebaiknya tunggu proses recovery tubuh dahulu hingga sembuh.
2.Jangan begadang
Ini nih yang banyak di langgar. Padahal kondisi badan bugar sangat penting baik untuk rekaman maupun untuk aksi panggung. Begadang sangat berpengaruh mulai dari kebugaran tubuh, mimik wajah yang akan terlihat pucat, lemes , lesu dll
3.Budget
Nah nah...Jangan lupa siapkan dana yang mencukupi kalau anda rekaman menggunakan jasa recording di tempat lain. Dan pastikan jangan bawa uang pas, sebab proses nya memakan waktu ber-jam-jam. Belum jajan,makan, kopi ,rokok, dll. Kalau bagi punya home studio sendiri ya gak perlu mungkin baca tips-tips di atas.
4.Peralatan
Bila kita memakai peralatan musik sendiri baiknya di check kelayakan nya. Contoh nya seperti senar guitar yang sudah karat sebaiknya di ganti atau di bersihkan.begitu juga dengan perlatan player yang lainnya seperti bass drum mic dll.Usahakan pakai yang baru atau masih bagus.
Kalau anda nyewa rental ya nikmati saja yang ada. Biasanya yang menyewakan sudah double check sebelum di sewakan.
5.Mastering
Setelah lagu sudah jadi sebaiknya di lakukan proses mastering atau editing secara komprehensif ke lagu tersebut sebelum di sebar ke khalayak ramai. Sehingga musik yang kita tawarkan betul-betul musik yang layak dan berkualitas dari segi keluaran suaranya.
6.Back Up
Setelah semua sudah beres jangan lupa untuk menyimpan hasil rekaman tadi di luar komputer. Seperti DVD/CD ataupun flashdisk. Jaga-jaga kalau komputer lagi apes dan kena virus atau musibah yang lainnya.

Wah udah lumayan panjang artikel nya... Kalau ada yang kurang monggo di tambahkan di kolom komentar barangkali anda mau ikut berbagi :)

No comments:

Post a Comment

Dilarang menggunakan kata-kata kasar...:)